Minggu, 14 Juli 2013

Si Cantik di Perbatasan Sambas Indonesia dan Malaysia

Si Cantik di Perbatasan Sambas Indonesia dan Malaysia

Sambas - Temajuk, pantai memesona ini menjadi pemisah antara Indonesia dan Malaysia. Pantai Temajuk terletak di Sambas, Kalimantan Barat. Perairan ini pun menjadi pembatas yang cantik antara Indonesia dan Malaysia.

Berada dalam satu rumpun, Indonesia dan Malaysia memiliki pesona alam yang cantik. Salah satu tempat untuk melihat kecantikan kedua negara ini adalah di Kabupaten Sambas, Kalimatan Barat.

Namanya Temajuk, sebuah pantai dengan bentangan pasir putih dan air laut yang jernih. Asyiknya, pantai ini masuk ke wilayah Indonesia!

Pantai Temajuk berada di Kecamatan Paloh yang berada di wilayah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia, ungkap situs resmi Kabupaten Sambas.

Pantai Temajuk berbatasan langsung dengan Malaysia Timur dan Laut Natuna. Sebelum memasuki pantai, wisatawan harus melewati pintu gerbang Pantai Temajuk terlebih dahulu. Tembok putih menjadi pembuka jalan traveler menuju bibir Pantai Temajuk.

Setelah melewati kumpulan pepohonan nan rindang, deru ombak dan angin pantai menjadi penyambut yang ramah di Pantai Temajuk. Butiran pasir Temajuk yang putih membentang di sepanjang bibir pantai ini.

Selain itu, ada panorama lain yang sangat cantik saat air di lepas pantai Temajuk surut. Permukaan pantainya terlihat sangat luas. Di beberapa sudut terlihat gundukan batu kapur dengan ukuran yang lumayan besar, menjadi hiasan pantai ini.

Bersih dan masih sangat alami, begitulah keadaan Temajuk. Tak jarang, banyak peselancar datang ke pantai ini hanya untuk menaklukkan ayunan ombaknya. Apalagi kalau sudah memasuki bulan Oktober-Februari. Pada bulan-bulan tersebut, hembusan angin pantai bertiup kencang dengan ketinggian gelombang bisa mencapai lebih dari 2 meter! 

Dari atas permukaan laut, batu karang dan warna-warni biota laut lainnya bisa pelancong lihat dengan jelas. Mau lihat perbatasan Indonesia dan Malaysia yang cantik? Berlibur dan menikmati deburan ombak Temajuk menjadi pilihan destinasi yang tidak biasa untuk liburan Anda.


Sajingan Besar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan ini sering disebut sebagai Sajingan saja, yang sebenarnya bisa membingungkan, karena di lain pihak, terdapat juga Sajingan Kecil, sebuah dusun di Semanga, yang notabene tidak terletak di kecamatan ini, melainkan di Kec. Sejangkung yang terletak di sebelah selatannya.

Ibu kota kecamatannya adalah Kaliau, yang juga merupakan nama sebuah gunung dekat kota kecamatan itu berada. Aruk, yang merupakan pemukiman Indonesia terdekat dari Sarawak, Malaysia di Kabupaten Sambas juga terdapat di kecamatan ini.

Jalur transportasi sudah cukup memadai, di mana sudah terdapat angkutan umum yang dapat digunakan masyarakat untuk bepergian ke ibukota kabupaten, walaupun dengan kondisi jalan yang masih belum begitu baik.

Dari segi telekomunikasi, agaknya masyarakat kecamatan ini,terutama di Aruk dan sekitarnya, lebih familiar dengan Hotlink yang merupakan jaringan telekomunikasi selular produk Malaysia, dikarenakan dekatnya posisi kecamatan ini dari perbatasan Malaysia. Penduduk kecamatan ini sebagian besar merupakan suku Dayak, kemudian diikuti oleh orang Melayu, dan sedikit orang Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar